Friday, February 28, 2014

Cara Memblokir Situs di Mikrotik Menggunakan Web Proxy

Pada postingan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memblokir/block website di mikrotik dengan Web Proxy. Jika sebelumnya saya pernah posting CARA BLOK WEBSITE DI MIKROTIK MENGGUNAKAN LAYER7 PROTOCOLS, dan CARA MENGGANTI TAMPILAN ERROR WEBPOXY sebenernya tidak jauh beda dengan artikel sebelumnya, untuk lebih jelasnya berikut sobat:

Web Proxy Mikrotik sendiri memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu fungsi filtering. Fitur Filtering Web Proxy ini dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Sobat dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat Sobat lakukan jika hanya menggunakan NAT.

1. Login mikrotik via Winbox
2. Selanjutnya kita aktifin dulu Transparent Web Proxy yang ada di IP --> Web Proxy --> Web Proxy Setting, nah di situ sobat atur seperti gambar dibawah dan di bawahmya juga saya lampirkan scipt nya agar lebih mudah tinggal di copy/paste.

/ip proxy set enabled=yes port=8080 cache-on-disk=no

3. Selanjutnya setelah selesai pengaturan di atas, kemudian di Web Proxy kemudian pilih tab Access dan klik tanda +  kemudian masukan situs yang akan di blokir di kolom Dst. Host misal *facebook.com* dan kemudian pilih deny di kolom Action kemudian OK.

/ip proxy access add src-address=192.168.50.1/24 dst-host=*.facebook.com action=deny /ip proxy access add path=*.mp3 action=deny add path=*.3gp action=deny

4. Step selanjutnya pilih IP --> Firewall kemudian pilih Tab NAT kemudian klik tanda + General dan pada kolom Chain --> dsnat kemudian di kolom Protocol --> 6(tcp) dan di kolom Dst. Port --> 80, selanjutnya di Tab Action kolom Action --> redirect dan di kolom To Port --> 8080.

/ip firewall nat add chain=dstnat dst-port=80 protocol=tcp action=redirect to-ports=8080

5. Dan untuk hasilnya seperti ini.



11 comments:

  1. saya ingat sekali artikel itu waktu zaman SMK tentang memblok situs di mikrotik menggunakan proxy, dan akhirnya tes nya memuaskan. makasih ya gan.!!

    ReplyDelete
  2. tutorialnya blokir situs "facebook", yg di screenshoot untuk contoh pemblokiran berhasil situs waode19.blogapot.com
    kan kurang meyakinkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sarannya gan dan sory gan sebelumnnya screenshootnya salah alamat, tapi untuk hasil sama k gan, asalkan dari alamat situsnya kita ikut daftarkan ke Web Proxy Mikrotik

      Delete
  3. Berhasil sih kalo kita ke link www.facebook.com tapi toh ane coba ke https://id-id.facebook.com kok masih tembus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjungannya gan, untuk link ke https:// emang setelah aku coba emang bener bisa di akses, tapi kalau kita mau aman yang aku terapin untuk mensiasati link yang menggunakan https itu bisa kita block dari LAYER7 PROTOCOLS, di situ bisa kita daftarin link yang akan kita block atau bisa juga dblog dari https nya itu sendiri, tetapi dia mempunyai tampilan yang berbeda dari blockir situs yang menggunakan web proxy

      Delete
  4. makasih gan keren sekarang dah aman deh warnet gue

    ReplyDelete
  5. kunjungi http://www.sigernetwork.net/2016/11/cara-blokir-website-dengan-web-proxy-di-mikrotik.html

    ReplyDelete
  6. Mohon izin share ya pak bro... ;-)

    ReplyDelete
  7. kalau misal menggunakan zenmate atau vpn, bisa di bukak gak?

    ReplyDelete