Tuesday, May 13, 2014

cara untuk membuat Menu dropdown di blogspot

Menu dropdown pada umumnya berisikan link untuk bisa akses ke suatu halaman tertentu. Menu dropdown ( sub menu ) memiliki menu yang tampilannya memanjang ke bawah makanya menu ini di sebut menu dropdown.


Fitur menu dropdown ( sub menu ) ini menggunakan sedikit tambahan pada bagian style CSS, menggunakan efek melengkung pada sisi kiri kanan ujungnya dan tidak membentuk siku. Cara pemasangannya mudah dan sobat bisa mengikuti cara dan langkah di bawah ini.
  • Login pada Blogger
  • Masuk mode Rancangan kemudian Edit HTML
  • Beri centang pada Expand Template Widget
  • Cari kode ]]></b:skin> Untuk lebuh mudahnya sobat bisa gunakan Ctrl + F
  • Pasang kode di bawah ini di atas kode ]]></b:skin>

<#menubar{ width:900px; height:32px; background:#de360f; margin: 0 auto; } #menubar ul{ float:left; margin:0; padding:0; } #menubar li{ float:left; list-style:none; margin:0; padding:0; } #menubar li a, #menubar li a:link{ border-right:1px solid #F0512D; float:left; padding:8px 12px; color:#fff; text-decoration:none; font-size:13px; font-weight:bold; } #menubar li a:hover, #menubar li a:active, #menubar .current_page_item a { color:#ffa500; text-decoration:underline; } #menubar li li a, #menubar li li a:link, #menubar li li a:visited{ font-size: 12px; background: #de360f; color: #fff; text-decoration:none; width: 150px; padding: 0px 10px; line-height:30px; } #menubar li li a:hover, #menubar li li a:active { background: #F0512D; color: #ffa500; } #menubar li ul{ z-index:9999; position:absolute; left:-999em; height:auto; width:170px; margin-top:32px; border:1px solid ##F0512D; } #menubar li:hover ul, #menubar li li:hover ul, #menubar li li li:hover ul, #menubar li.sfhover ul, #menubar li li.sfhover ul, #menubar li li li.sfhover ul{ left:auto } #menubar li:hover, #menubar li.sfhover{ position:static }
  • Selanjutnya cari kode <div id="content-wrapper">
  • Pasang kode di bawah ini di Atas kode <div id="content-wrapper"> diatas. Pengecualian untuk yang tidak ada kode <div id="content-wrapper">, sobat bisa menaruh dielemen div id lainnya. Biasanya template blog terdapat kode seperti <div id='header. Jadi, bila tidak ada sobat bisa menaruhnya di bawah kode yang mirip dengan<div id='header.
<div id='menubar'>
<ul>
<li><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></li>
<li><a href='http://budigold.blogspot.com/'>Edit me</a></li>
<li><a href='http://budigold.blogspot.com/'>Edit me</a></li>
<li><a href='http://budigold.blogspot.com/'>Edit me</a>
<ul>
<li><a href='http://budigold.blogpot.coms/'>Edit me</a></li>
<li><a href='http://budigold.blogspot.com/'>Edit me</a></li>
</ul></li>
</ul>
</div>
  • Simpan Template dan lihat hasilnya
Keterangan:

  • Ganti tulisan yang berwarna Merah dengan url link menubar yang diinginkan, misal: link postingan, link kategori, link halaman statis atau lainnya
  • Ganti tulisan berwarna Biru (Edit me) dengan tulisan judul menubar tersebut, seperti: About, Contact, Guest book atau lainnya
  • Untuk mengubah panjang menubar bisa sobat ganti tulisan 900px menjadi sesuai dengan keinginan sobat
  • Nah, jika sobat ingin menambah item menubar (list), sobat hanya tinggal Copy kode yang bergaris bawah, dan Paste di bawah kode yang bergaris bawah tersebut.
  • Di setiap blog juga ada juga yang berbeda tanda kutipnya. Sobat bisa menelitinya lagi. Tanda kutip ' atau " petik.
Misalkan kode <div id="content-wrapper"> atau sejenisnya memang benar2 tidak ada. Sobat bisa menaruhnya di area kode header sobat. Caranya sobat bisa mengklik tombol Lompat ke widget lalu mengklik widget header sobat. Contoh pada gambar.

Setelah itu. Letakkan kode menubar yang berada pada langkah no 8, di bawah kode widget header blog sobat. Bisa dibawah </b:section> atau dibawah kode </div> pada gambar. Itu meletakkan menubar dibawah header blog sobat.

Sebenarnya masih ada juga kode sejenis main-wrapper, header-wrapper, header-inner dll. Nah, kode menubar dapat diletakkan di kode-kode css sejenis itu.

Itulah cara untuk membuat menu dan submenu di blogspot. Cara itu di coba dan berhasil, Anda dapat melihat hasilnya pada menudi bagian atas blog ini
Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini dan semoga bermanfaat buat sahabat blogger semua. Terima kasih.



No comments:

Post a Comment