Thursday, February 11, 2016

Cara Mempercepat Loading Blog


Buat kebanyakan blogger pernah mengalami yang namanya loding yang super lama pada blognya sendiri atau blog milik orang lain yang kebetulan di kunjungi. Karena menunggu kelamaan terkadang kita itu juga merasa jengkel karena tak kunjung tampil blog yang kita kunjungi tersebut. Untuk itu saya akan berbagi tips pagi para blogger yang ingin blognya tidak lama dalam menampilkan artikel yang kita posting, dan tentunya artikel ini berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami juga. Dari pada buang- buang waktu mending kita langsung saja ke topik pembicaraan kita,


  • Kurangi Widget Blog yang Kurang Bermanfaat
Salah satu penyebab blog menjadi berat dan loadingnya lama adalah pemasangan widget yang terlalu banyak yang dipasang di blog. Memang ada beberapa widget yang wajib ada di blog, tetapi beberapa widget yang kurang memiliki manfaat untuk blog lebih baik dihapus saja. Selain dapat membuat blog lebih cepat loadingnya juga bisa membuat pengunjung blog fokus pada konten blog. Contohnya seperti widget calender, jam, beri makan ikan dll.

  • Kurangi Pemakaian Gambar Pada Blog
Gambar adalah salah satu faktor yang sering ada dalam masalah kecepatan loading blog, pasti dalam semua blog ada sebuah gambar baik dalama hompage maupun dalam sebuah postingan artikel. Gambar yang digunakan atau yang ada pada blog kadang memiliki ukuran yang besar baik dalam ukuran px maupun dalam ukuran kb. Jadi sobat perlu memperkecil ukuran gambar tersebut sebelum diposting pada blog sobat gunanya agar loading blog sobat tidak terhambat oleh gambar yang memiliki ukuran yang besar, untuk memperkecil gambar silahkan sobat bisa mencobanya disini

  • Membatasi Jumlah Iklan
Mungkin ini sulit bagi sobat yang ingin mendapatkan penghasilan lebih dari blognya, namun perlu sobat ketahui bahwa memasang iklan terlalu berlebihan akan membuat loading blog sobat lebih lama karena script yang diberikan dari pengiklan ini tidak selalu ringan, biasanya dalam banner iklan terdapat sebuah gambar .gif dan perlu sobat ketahui bahwa file .gif ini akan sangat besar ukurannya dan sangat memperlambat loading blog sobat. Pasanglah iklan pada blog sobat sewajarnya saja dan tidak menggangu pengunjung blog.

  • Simpan semua kode teks java script di atas </body> 
Sobat dapat mencari kode .js di lembar pengeditan template sobat. Kenapa kok disimpan di atas </body> ? karena ditempat tersebut kode akan cepat terload.

  • Kurangi Penggunaan CSS
CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa styling yang seringkali kita tambahkan pada HTML. Untuk mengurangi ukuran CSS pada template HTML, lakukan kompresi CSS baik secara manual ataupun dengan tool. Fungsinya adalah mengurangi besar file dan waktu baca browser. Lalu, letakkan aturan-aturan CSS di bagian atas.

  • Menambahkan Scipt Untuk Mempercepat Blog
Cara lain untuk mempercepat loading blog adalah dengan menambahkan script dari Laziload. Yaitu dengan menaruh script berikut ini ini tepat di atas kode </head>.
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/><script charset='utf-8' type='text/javascript'>$(function() {
$(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :
&quot;https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSYi1WzFRs5R09zQ1Xn74ZhLoZv55GBphPiSVceXyjXVXTQwISsUz5TtZi7fUm1c0pzrNcTet9b_CUBwin6yePVQUwQjRlhZ3BH6HYB-AeNOxm4yu30uOuv2y39F4T8SbFc0cWv8oJVD8/&quot;,threshold
: 200});
});
</script>

Berikut adalah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat bagi sobat semua, dan bagi sobat yang ingin mengetes seberapa cepat blog sobat, sobat bisa secara langsung kunjungi web tersebut dan tinggal memasukan alamat blog sobat maka secara otomatis akan muncul penjabaran dari blog sobat.
  1. Google PageSpeed Insight
  2. Pingdom Tools


No comments:

Post a Comment